CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 15 Juni 2013

ALIH JENIS S1 PENDIDIKAN BIDAN UNAIR 2013

Program Alih Jenis adalah Seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Alih Jenis UNAIR diperuntukkan bagi lulusan Diploma 3 (D3) yang sesuai (Linier) dengan program studi yang ditawarkan. Terdiri dari 2 kelompok yaitu IPA dan IPS, berikut daya tampungnya masing-masing kelompok.



Yap, untuk S1 Pendidikan Bidan daya tampungnya adalah 50 yang dibagi 2 gelombang. Berikut aku share berdasarkan pengalamanku mengikuti di gelombang 1 kemarin yaa :)
Jadwal untuk Gelombang 2 tahun 2013 ini adalah :


Kalo untuk persyaratan,dll yang lebih lengkap bisa dilihat disini http://ppmb.unair.ac.id/id/site/alihjenis.htm 


Tanggal 11-24 juli 2013 :
Kita bisa melakukan pengambilan voucer disini http://pendaftaran.unair.ac.id/pengambilan_voucher.php setelah itu, kita harus ke bank Mandiri dulu untuk melakukan transaksi pembayaran dengan membawa nomor voucher yang sudah kita ambil sebelumnya. Pembayarannya Rp300.000,-.
Setelah itu kita akan mendapatkan nomor PIN yang tercetak di slip pembayaran bank.
Kalau bingung tanya mas tellernya aja langsung jangan satpam soalnya kadang satpamnya juga kagak ngerti, pengalaman ku malah dikasih selip sbmptn sama om satpam :( jd lebih afdolnya lsg tanya mas teller jgn sampai salah selip ya, no voucher juga dcantumkan di berita untuk pengirim di selipnya :)
Setelah dapat nomer PIN nya, langsung saja mengisi formulir online pendaftaran.
Halaman loginnya di sini.
Tata cara pengisiannya bisa dibaca di sini.
Contoh formulirnya bisa dilihat di sini.
Setelah semuanya isiannya benar, cetak formulir pendaftaran.
Pendaftaran online sudah selesai dan berhasil.


Tanggal 22-26 Juli 2013 : kita melakukan verifikasi di Gedung ACC Kampus C UNAIR Mulyorejo, kalo kamu bukan asli sby lebih baik naik taksi aja, pengalaman kalo naik yang lain2 habis dr stasiun pusing deh mau pake apa, soalnya Lyn disana banyak bgt n jalurnya saya gak hafal :D

Untuk verifikasinya : Jangan lupa surat keterangan sehat dan tdk buta warna dari dokter, ijazah dan transkrip D3 atau D4 asli, serta lembar bukti akreditasi kampus tempat teman2 kuliah D3 atau D4 dulu (bisa minta ke kampus masing2) sama SP3 yang bermaterai n di tandatangani yaa.
Soalnya dari pengalamanku kemarin, berkas ini yang sering kelupaan tidak dibawa, akhirnya pd bolak balik deh :p
Alur verifikasi dokumen adalah sebagai berikut :
  1. Antri (sebelumnya mendatangi meja panitia untuk minta map), pilih yang IPA
  2. Setelah dapat map dari panitia, isi identitas di map, masukkan berkas-berkas yang diperlukan ke dalam map.
  3. Menghadap ke panitia tempat minta map tadi sesuai antrian.
  4. Setelah dokumen diperiksa dan benar (tidak ada yang kurang/salah), kemudian sidik jari.
  5. Lalu berkas-berkas dibawa ke meja berikutnya. Di meja ini kita difoto dan tanda tangan untuk kartu peserta ujian.
  6. Berkas kemudian dibawa ke meja terakhir untuk distempel.
  7. Selesai
Sebelum pulang sebaiknya cari dulu tempat ujiannya,BIAR HATI TENANG :)

Tanggal 28 Juli 2013 : Hari Ujian
Materinya adalah :
 
TES POTENSI AKADEMIK, yang meliputi:
  1. Kemampuan Verbal 
  2. Kemampuan Numerik
  3. Kemampuan Penalaran
TES PRESTASI AKADEMIK, yang meliputi :
  1. Matematika 
  2. Bahasa Inggris

ASAL BELAJAR PASTI BISA, YAH LITLE2 YOU CAN LAH DARIPADA GAK SAMA SEKALI :)



Tanggal 31 Juli 2013 : PENGUMUMAN
Nah, kamu tinggal masukin aja no tes kamu di sini.
Kalau berhasil nanti akan muncul seperti ini :




14-16 Agustus 2013 : Registrasi
Registrasi mahasiswa baru.
Penguman registrasi mahasiswa baru dapat dilihat di sini.
Registrasi mahasiswa baru bertempat di bagian registrasi mahasiswa gedung rektorat Lt I Kampus C, Jl. Mulyorejo Surabaya.
Ok, sekian saja info dari aku yg berdasar dari pengalamanku pribadi. Semoga bermanfaat.



SEMANGAT BIDAN ! SEMANGAT INDONESIA !